Mohon dibaca petunjuk berikut berkaitan dengan sistem presensi kuliahonline ini

Mohon diperhatikan hal berikut membuat tidak hadir elearning dan merupakan hal di luar lingkup kehadiran otomatis ini:

Kendala administrasi sehingga mahasiswa masuk dipertemuan 3 keatas Kelas gabung, perpindahan kelas Suspen karena masih ada kewajiban Kendala koneksi internet di daerah asal, kerusakan perangkat dll Mengikuti program kampus merdeka Isolasi mandiri, sakit

Absensi kembali lagi sesuai dengan kebijakan dosen dengan memperhatikan peristiwa di lapangan. Dosen boleh memberi toleransi, penambahan tugas atau hal lain agar memberikan rasa keadilan penilaian bagi mahasiswa di kelasnya.

  1. Proses rekap, penarikan dan olah data dilakukan setiap hari senin di jam kerja
  2. Rekap presensi mahasiswa berbeda proses dengan presensi dosen, untuk kehadiran dosen tetap dilakukan di hari kamis, jumat, sabtu sehingga usahakan agar selesai melakukan upload di hari rabu malam
  3. Rentang waktu presensi mahasiswa lebih panjang yaitu 2 minggu, contoh: pertemuan 2 (semua matakuliah dari hari senin - sabtu) akan direkap pada hari senin 2 minggu kemudian (di minggu pertemuan 4). Pertemuan 3 akan direkap pada hari senin 2 minggu berikutnya, demikian seterusnya
  4. Pertemuan pertama online meeting (zoom, BBB, gmeet dll) tidak dilakukan rekap presensi sebab aktifitas dilakukan di luar sistem kuliahonline, mohon agar dosen melakukan absensi manual berdasarkan kehadiran di online meeting masing-masing.
  5. Untuk tahap awal sistem ini, mahasiswa akan dianggap hadir pada matakuliahnya jika telah melaksanakan aktifitas apapun yang termasuk salah satu dari: view modul, forum, quiz dan assignment.
  6. Untuk pengembangan kedepannya sistem presensi akan dimodifikasi menyesuaikan dengan kriteria yang dibuat oleh masing-masing prodi.
  7. Perlu kami informasikan bahwa penggunaan sistem presensi ini bukanlah kewajiban, Bapak/Ibu dosen boleh melakukan proses absensi manual berdasarkan aktifitas perkuliahan masing-masing. Kami harap dengan adanya sistem ini dapat membantu mempermudah pekerjaan Bapak/Ibu dosen dalam memonitor mahasiswanya.
  8. Kami terus berupaya untuk menjaga transparansi data, jika ada yang menginginkan data log mentah silahkan request untuk kami persiapkan terlebih dahulu.

Periode rekap otomatis


Pertemuan 2	    08-Mar-21	21-Mar-21
Pertemuan 3	    15-Mar-21	28-Mar-21
Pertemuan 4	    22-Mar-21	04-Apr-21
Pertemuan 5	    29-Mar-21	11-Apr-21
Pertemuan 6	    05-Apr-21	18-Apr-21
Pertemuan 7	    12-Apr-21	25-Apr-21
Pertemuan 8	    19-Apr-21	02-May-21
Pertemuan 9	    26-Apr-21	09-May-21
Pertemuan 10	    03-May-21	16-May-21
Pertemuan 11	    17-May-21	06-Jun-21
Pertemuan 12	    31-May-21	13-Jun-21
Pertemuan 13	    07-Jun-21	20-Jun-21
Pertemuan 14	    14-Jun-21	27-Jun-21
Pertemuan 15	    21-Jun-21	04-Jul-21
							

Sejauh ini kelemahan dari sistem ini yang kami tahu adalah mohon agar dosen mengantisipasi mahasiswa yang enroll belakangan (tidak dari pertemuan 1) akibat baru mendaftar, sakit, pindah kelas perubahan FRS dan lain-lain. Sistem akan membuat kehadiran mahasiswa tersebut kosong sebab di course yang diikutinya tidak ada aktifitas sama sekali hingga pada akhirnya mahasiswa tersebut enroll.

Kami akan memberikan keterangan setelah mahasiswa berkomunikasi dengan admin mengenai statusnya yang baru masuk ke perkuliahan. Mohon agar dosen memperhatikan notif yang tertera di presensi dan melakukan tambahan kehadiran manual terhadap mahasiswa yang bersangkutan.

Absensi mahasiswa bergantung pada setiap aktifitas yang sudah dibuat oleh dosen. Mohon agar jangan membuat mahasiswa tidak hadir karena terlambat atau kurang dalam mengisi aktifitas di kuliahonline di setiap pertemuannya.

Terimakasih telah menyimak panduan ini, semoga sistem presensi ini bisa membantu dan senantiasa meningkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar kuliahonline.